Partisipasi PSB Universitas Khairun dalam Bulan PRB, Manado 2016

Negara Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki potensi tinggi terjadinya berbagai jenis bencana. Berdasarkan catatan sejarah, Indonesia telah mengalami beberapa bencana dengan skala sangat besar atau “Catastrophe” baik pada era sebelum Indonesia merdeka hingga saat ini. Salah satu bencana yang membuka paradigma Indonesia dan dunia adalah Tsunami pada tanggal 26 Desember 2004, termasuk gempa ketiga terbesar dalam sejarah kegempaan di dunia. Selain mengakibatkan banyak kerusakan dan korban, juga sebagai titik awal kebangkitan paradigma pengurangan risiko bencana di Indonesia.

 

Dalam paradigma baru untuk penanggulangan bencana, disadari bahwa kompleksitas dari strategi penanganan permasalahan bencana memerlukan suatu kerjasama dan dukungan semua pihak dalam penanggulangannya terutama dalam upaya mengembangkan budaya pengurangan risiko bencana, sehingga dapat dilaksanakan secara terarah dan terpadu. 

 

Untuk itu, Badan PBB yaitu UNISDR (United Nations International Strategy for Disaster Reduction), dalam rangka untuk mempromosikan budaya  pengurangan risiko bencana, termasuk pencegahan bencana, mitigasi dan kesiapsiagaan, pada tahun 2009 telah menetapkan tanggal 13 Oktober sebagai hari peringatan PenguranganRisiko Bencana Internasional(International Day for Disaster Risk Reduction). 

 

Di Indonesia, Peringatan Pengurangan Risiko Bencana telah menjadi agenda Nasional yangdilaksanakan setiap tahun sejak tahun 2013. Penyelenggaraan peringatan bulan PRB nasional sebelumnya secara berturut adalah Kota Mataram, NTB (2013), Kota Bengkulu, Bengkulu (2014), dan Kota Surakarta, Sulawesi Utara (2015).

 

Sesuai dengan semangat nawacita dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2015-2019, dalam rangka “menurunkan indeks risiko bencana pada pusat-pusat pertumbuhan”, kegiatan Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana Nasional Tahun 2016 mengangkat tema Gerakan Pengurangan Risiko Bencana untuk Ketangguhan.

Peserta Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana Tahun 2016 diperkirakan berjumlah lebih dari 2.000 orang, yang terdiri dari Kepala Daerah, DPR/DPD/DPRD, Kementerian/Lembaga, SKPD Provinsi dan Kab/Kota (terutama BPBD Provinsi/Kab/Kota), Organisasi Nasional/Daerah/Internasional, Forum PRB, praktisi kebencanaan, perguruan tinggi, Lembaga Usaha, dan organisasi masyarakat

Comments


Komentar :

Write A Comment

(Masukkan 6 kode diatas)

 

Disaster Risk Reduction and Climate Change Adaptation Strategies

Indonesian archipelago is located on the meeting point of three tectonic plates, they are...

Continue Reading »

Table Top Exercise dalam rangka Koordinasi Kesiapsiagaan Erupsi Gunungapi Gamalama 28-29 Januari 201

Wilayah Indonesia dengan keberagaman aspek fisik dan sosial budayanya berpotensi terjadi bencana...

Continue Reading »

Indonesia visit to Hawaii

...

Continue Reading »

Quick Banner







Inteligula congue id elis donec sce sagittis intes id laoreet aenean. Massawisi condisse leo sem ac tincidunt nibh quis dui fauctor et donecnibh elis velit @name - 10:15 AM yesterday